-->
Pontianak Melawi Sanggau Sekadau Ketapang Bengkayang Landak Kubu Raya Kapuas Hulu Sintang Sambas
Tim Editor
Selasa, September 28, 2021, 1:18:00 PM WIB
Last Updated 2021-09-28T06:20:59Z
BelitangBeritaDesaEmbung DesaIP3KKalbarKolam IkanPemerintahPemkab SekadauSekadau

IP3K, Pemdes Belitang Dua Sulap Embung Desa Sebagai Kolam Ikan


Peninjauan Embung Desa untuk alih fungsi sebagai Kolam Ikan

BorneoTribun Sekadau, Kalbar Dalam rangka mensukseskan visi dan misi Kabupaten Sekadau melalui  program unggulan IP3K, sebagai salah satu pendukung terwujudnya perikanan tangguh, Pemerintah Desa Belitang Dua memanfaatkan Embung Desa sebagai kolam percontohan untuk usaha di bidang perikanan salah satunya dengan budidaya Ikan Nila.

Upaya ini dilakukan dengan melibatkan segenap potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia, sehingga mampu meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan petani. 

Dengan demikian, apabila ada bantuan bibit Ikan Nila dan serta Mesin Pembuat Pakan ini akan sangat membantu dikarenakan mahalnya harga pakan ikan dan langkanya bibit ikan tersebut. 

Budidaya Ikan Nila memiliki potensi pasar yang luas khususnya dikonsumsi oleh masyarakat. Melalui benih dan pakan, Budidaya Ikan Nila harus memiliki siklus yang bergulir sehingga dapat terus berkembang biak. 

Kolam Ikan

Dalam laporannya, Kepala Desa Belitang Dua, Effendi menyebutkan luas embung yang akan di manfaatkan untuk kolam percontohan tersebut berukuran 20x30 meter persegi.
 
"Jika embung desa ini dijadikan kolam, kami siap. Tetapi kami mohon bantuan berupa bibit dan pakan agar dapat berkembang biak," Ucap Kepala Desa, Selasa (28/9/2021).
 
Sementara Camat Belitang, Hermansyah mengapresiasi keinginan warga untuk menjadikan embung desa menjadi kolam percontohan, sehingga menjadi contoh bagi desa-desa yang lain dalam upaya membantu perekonomian masyarakat di bidang perikanan dan turut serta mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui program unggulan IP3K. 
 
"Saya lihat di Desa Belitang Dua ada potensi sumber daya manusia yang berkualitas dan lokasi memadai. Oleh karena itu kita berupaya semaksimal mungkin untuk membantu Kelompok Pembudidaya Ikan dengan memberikan dukungan proposal bantuan pengadaan bibit ikan ke Pemerintah Kabupaten Sekadau, semoga bisa terealisasi," Ucap Hermansyah.
 
Hadir dalam peninjauan tersebut bersama Camat Belitang, Hermansyah dan Kepala Desa Belitang Dua, Effendi didampingi Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan" Karya Mandiri " Sahdansyah, Ketua BPD Desa Belitang Dua, Awaludin, Tokoh Masyarakat, H. Iskandar, beserta anggota kelompok Budidaya Ikan, POKDAKAN," KARYA MANDIRI".

Reporter : Hsy/Rh
Editor      : Hermanto

iklan

Iklan

X

LOKASI MENU1

LOKASI MENU1


LOKASI MENU2

LOKASI MENU2.


LOKASI MENU3

LOKASI MENU3.


Iklan

Iklan