Pemkab Sekadau Gelar Musrenbang untuk RKPD Tahun 2025 di Belitang Hulu | Sekadau Info -->

06/02/2024

Pemkab Sekadau Gelar Musrenbang untuk RKPD Tahun 2025 di Belitang Hulu

Pemkab Sekadau Gelar Musrenbang untuk RKPD Tahun 2025 di Belitang Hulu. (Madah Sekadau/Borneotribun)
Pemkab Sekadau Gelar Musrenbang untuk RKPD Tahun 2025 di Belitang Hulu. (Madah Sekadau/Borneotribun)
SEKADAU - Pemerintah Kabupaten Sekadau telah menggelar acara penting dalam proses perencanaan pembangunan, yakni Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sekadau Tahun 2025 tingkat Kecamatan. 

Acara ini dilangsungkan di Gedung Serbaguna Balai Sepuak pada hari Senin (5/01/2024).

Musrenbang ini melibatkan semua Kecamatan di Kabupaten Sekadau, dengan Belitang Hulu menjadi Kecamatan ke-5 yang menyelenggarakan acara serupa. 

Penyusunan RKPD Tahun 2025 ini merupakan langkah penting dalam meneguhkan proses perencanaan untuk mencapai visi dan misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026 dengan tema “Mewujudkan Kemajuan, Kesejahteraan, dan Martabat Masyarakat Kabupaten Sekadau”.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Baperida), Teresia Lili, S.H memimpin jalannya musyawarah yang dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak, Camat, perwakilan Danramil, serta Kepala Desa se-Kecamatan Belitang Hulu, anggota PKK, dan Ketua Dewan Adat Dayak bersama unsur masyarakat lainnya dari Belitang Hulu.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Baperida, Bupati menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai lanjutan dari Musrenbang Desa yang telah dilaksanakan sebelumnya pada bulan Januari. Musrenbang Desa tersebut telah mengumpulkan berbagai usulan dari aspirasi masyarakat.

“Musrenbang ini diharapkan dapat menghasilkan usulan kegiatan yang realistis dan berkualitas berdasarkan penjaringan aspirasi masyarakat dari musrenbang tingkat desa, dan saat ini akan dilakukan klasifikasi berdasarkan skala prioritas untuk menjadi rencana Pembangunan tahun 2025,” ujar beliau.

Teresia Lili menekankan pentingnya melihat dan mengusulkan kebutuhan utama serta prioritas masyarakat untuk dijadikan program kerja pemerintah daerah.

“Apa yang kita usulkan saat ini akan menjadi masukan bagi kami sebagai pemerintah daerah untuk dijadikan rencana kerja tahun 2025 dan akan direalisasikan pada tahun 2026. Jadi rencana ini akan dijalankan dua tahun ke depan. Penting bagi bapak/ibu untuk benar-benar melihat program prioritas agar tidak terlewatkan pada Musrenbang Kabupaten,” ujarnya.

Sesi tanya jawab berlangsung aktif dengan Kepala Desa, Ibu PKK, serta Ketua Dewan Adat Dayak menyampaikan usulan dan pertanyaan terkait pembangunan daerah langsung kepada perwakilan SKPD terkait.

Dalam kesempatan yang sama, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak memberikan bantuan kepada korban kebakaran rumah di Desa Sungai Antu berupa kasur, tikar, perlengkapan sandang, alat masak, dan makanan.

Oleh: Madah Sekadau
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar