Bupati Sekadau Serahkan Bibit Kelapa Sawit Siap Tanam Program IP3K Kepada Kelompok Tani | Sekadau Borneo -->

15/11/2022

Bupati Sekadau Serahkan Bibit Kelapa Sawit Siap Tanam Program IP3K Kepada Kelompok Tani

Bupati Sekadau Serahkan Bibit Kelapa Sawit Siap Tanam Program IP3K Kepada Kelompok Tani
Bupati Sekadau Serahkan Bibit Kelapa Sawit Siap Tanam Program IP3K Kepada Kelompok Tani.
Sekadau - Bupati Sekadau Aron Lakukan Penyerahan Bibit Unggul Kelapa Sawit Siap Tanam Program IP3K yang bertempat di lokasi penangkaran benih kelapa sawit, kampung baru tanah putih, Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Senin (14/11/2022).

Program Penyerahan Bibit Unggul Kelapa Sawit Siap Tanam Program IP3K ini diberikan kepada 15 Kelompok Tani yang tersebar di 13 Desa pada 7 Kecamatan.

Aron menyebut bahwa komoditas perkebunan khususnya kelapa sawit adalah penopang perekonomian masyarakat, dengan harga yang relatif baik kondisi ekonomi petani kelapa sawit menjadi cukup stabil. Hal ini juga menyebabkan meningkatnya animo masyarakat dalam hal budidaya tanaman kelapa sawit.

Pemerintah Kabupaten Sekadau telah menetapkan Program Unggulan yaitu Infrastruktur, Perkebunan, Pertanian dan Perikanan untuk Kesejahteraan Masyarakat (IP3K), yang salah satunya adalah dengan pemberian bantuan benih unggul kelapa sawit siap tanam.

“Bantuan benih unggul kelapa sawit siap tanam ini adalah stimulus, agar petani pekebun dapat membudidayakan kelapa sawit dengan baik dan benar. Karena kunci keberhasilan pembangunan kebun kelapa sawit adalah dengan penggunaan benih unggul,” tambahnya.

Aron juga berharap kepada petani penerima bantuan untuk secara swadaya menanam dan memelihara benih yang dibantu dengan baik sesuai ketentuan teknis.

“Sebagai program yang berkelanjutan, Program IP3K berupa bantuan benih kelapa sawit unggul ini akan di luncurkan kembali pada tahun-tahun berikutnya sesuai dengan ketersediaan anggaran,” sambung Aron.

“Kegiatan tahun 2022 ini merupakan realisasi perdana, tentunya perlu dilakukan monitoring dan evaluasi untuk dilakukan perbaikan pelaksanaan pada kegiatan tahun berikutnya,” ungkapnya.

Aron juga berharap kepada para Kelompok Tani Penerima agar bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Segera ditanam pada lahan yang sudah disiapkan, sehingga diharapkan dalam waktu 3 tahun kedepan sudah dapat menikmati hasilnya,” sambungnya.

Aron juga menyampaikan Kepada Dinas terkait serta Pengelola BPP dan PPL agar dapat melakukan pendampingan secara teknis dilapangan. Agar bantuan yang diberikan ini dapat terkelola dengan baik dan optimal, sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

(Yakop/Madah Sekadau)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar