Desa - desa dalam Kota Sekadau | Sekadau Info -->

16/02/2022

Desa - desa dalam Kota Sekadau

BorneoTribun Sekadau, Kalbar – Desa adalah suatu wilayah kecil yang ditempati oleh sedikit penduduk namun lama - kelamaan akan menjadi wilayah besar dengan ada kota didalamnya.

Secara geografis ,Wilayah Desa menimbulkan unsur-unsur fisiografis, sosial, ekonomi,politik, kultural setempat dalam hubungan dan pengaruh timbal balik dengan daerah lain.

Kota Sekadau Ibukota Kabupaten Sekadau memiliki desa-desa didalamnya sebagai suatu wilayah kesatuan dari kota tersebut.

Beberapa desa-desa dikota Sekadau,diantaranya :

1.Desa Sungai Ringin

Desa Sungai Ringin merupakan daerah komersil terpadat baik berupa perumahan penduduk maupun pertokoan.

Desa Sungai Ringin berbatasan langsung dengan Desa Mungguk dan berhadapan dengan Desa Seberang Kapuas dan depan air terdapat sungai kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia.
Desa Sungai Ringin merupakan desa terpadat dari 87 desa di seluruh kabupaten Sekadau.

Luas wilayah daratan Desa Sungai Ringin mencapai 38 km² dengan jumlah penduduk 15.000 jiwa.Desa Sungai Ringin terdiri dari 7 dusun dimana dusun yang terdapat di Sungai Ringin diantaranya Dusun Sungai Ringin, Kapuas, Pasar Hulu, Pasar Hilir, Sungai Putat,Senuruk dan Sungai Kapar.
Desa Sungai Ringin merupakan pusat kota atau city center dari kota Sekadau sebagai ibukota kabupaten Sekadau.

2. Desa Mungguk

Sama dengan Desa Sungai Ringin,Desa Mungguk daratannya berbatasan langsung dan salah satu dari 17 desa dikecamatan Sekadau hilir dan merupakan desa terpadat setelah Desa Sungai Ringin.

Luas Desa Mungguk kurang lebih 66 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 13.000 jiwa.

Desa Mungguk berada dalam lingkup kota dengan Desa Sungai Ringin.
Dilihat dari Landscape Desa Mungguk merupakan wilayah kota dengan pemukiman yang padat baik rumah penduduk maupun daerah komersil.

Tata Letak dari Desa Mungguk merupakan wilayah kota dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dikarenakan jalur transit dan perdagangan.
Desa Mungguk berkembang ke arah modernisasi kota Sekadau yang maju karena sudah banyak dibangun properti seperti perumahan dan bangunan ruko.

Wilayah Desa Mungguk yang cukup padat dikarenakan terdapat 2 jalur pemukiman penduduk yaitu penduduk yang mendiami dipinggiran Sungai Sekadau dan daerah Jalan Sintang.

3. Desa Tanjung 

Daerah Tanjung merupakan tempat bermuaranya aliran Sungai sekadau dari hulu ke hilir sungai.

Desa Tanjung adalah salah satu dari 17 desa di kecamatan Sekadau hilir.Secara geografis, desa Tanjung di apit oleh 2 buah sungai besar yaitu Sungai Kapuas yang berhadapan dengan desa Seberang Kapuas dan sungai Sekadau yang berhadapan dengan desa mungguk dan desa Sungai Ringin.
Jadi desa Tanjung merupakan wilayah kota Sekadau yang berdekatan dengan Mungguk,Sungai Ringin dan Seberang Kapuas.Luas Wilayah Desa Tanjung kurang lebih 52 km² yang terdiri dari 2 dusun yaitu dusun Tanjung dan dusun Teluk Pasir.Jumlah penduduk Desa Tanjung sebanyak 2.000 jiwa.

4. Desa Seberang Kapuas 

Bila kita melihat Seberang Kapuas merupakan daerah yang daratannya dipisahkan oleh Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia.

Desa Seberang Kapuas merupakan salah satu dari 17 desa yang di Kecamatan Sekadau HilirDesa Seberang Kapuas memiliki luas Wilayah daratan 67 km².
Desa Seberang Kapuas terdiri dari 5 dusun,dimana dusun yang terdapat di Seberang Kapuas antara lain: Seberang Kapuas,Selabi,Sejirak dan Tapang Kelulut.

Jumlah penduduknya di Desa Seberang Kapuas sebanyak 4.000 jiwa.

Dengan adanya perkembangan desa-desa sekitarnya,Semoga Kota Sekadau di era modernisasi kotanya akan lebih baik,baik pembangunan infrastrukturnya maupun penataan kota didalamnya.

Kota Sekadau

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar