Kejuaraan Catur Standar Senior Bupati Cup ke-I Sekadau diikuti 70 Peserta | Sekadau Borneo -->

28/01/2022

Kejuaraan Catur Standar Senior Bupati Cup ke-I Sekadau diikuti 70 Peserta

Kejuaraan catur standar senior Bupati Cup ke-1 Kabupaten Sekadau tahun 2022
Kejuaraan Catur Standar Senior Bupati Cup ke-I Sekadau diikuti 70 Peserta. 

BorneoTribun Sekadau, Kalbar -- Kejuaraan catur standar senior Bupati Cup ke-I Kabupaten Sekadau tahun 2022 diikuti 70 Peserta. Adapun peserta yang mengikuti kejuaraan catur standar senior, ada peserta dari DPRD, ASN, Polri, Mahasiswa/mahasiswi dan ada juga dari atlet junior Kabupaten Sekadau.

Hal itu dikatakan Ketua Percasi Kabupaten Sekadau, Sovian, M. N.SE. MM kepada wartawan BorneoTribun, Jumat (28/1/2022).

Sovian menuturkan, dalam pelaksanaan kejuaraan catur standar senior Bupati Cup ke-1 Sekadau berdasarkan Surat Keputusan Pengprov. Percasi Kalimantan Barat Nomor: 01/Skep/Percasi-Kalbar/1/ 2022 Mengenai susunan kepengurusan dan tugas pokok dan fungsi organisasi dan Surat Keputusan Pengkab Percasi Sekadau Nomor 01/Skep/Percasi-Sekadau/I/2022 Mengenai Kejuaraan Catur Standard Senior Bupati Cup 2022 Ke - I Kabupaten Sekadau.

Dengan adanya kejuaraan ini, kata Sovian, sebagai sarana pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga catur. Terlebih lagi bisa memberikan kesempatan munculnya atlet berbakat yang terpendam selama ini, dikarenakan minimnya mobilisasi kejuaraan catur.

Selain itu, dikatakan Sovian, sebagai perbendaharaan atlet junior dan senior sehingga siap mendampingi Kabupaten Sekadau dalam event Kejurprov, Porprov atau kejuaraan-kejuaraan tingkat kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat bahkan mewakili kejuaraan tingkat nasional.

Sovian menjelaskan kejuaraan ini juga sebagai wahana dan ajang kreativitas berpikir untuk dikembangkan melalui dukungan pemerintah daerah Kabupaten Sekadau, KONI dan Pengkab Percasi Sekadau.

"Manfaat dari permainan catur ini untuk meningkatkan kognitif, empati, ingatan, kreativitas dan keterampilan, perencanaan dan pemecahan masalah. Manfaat untuk anak adalah sebagai peningkatan perkembangan anak dalam hal pemecahan masalah, membangun hubungan sosial dan berpikir," jelasnya.

Diungkapnya, bahwa kejuaraan catur standard senior Bupati Cup 2022 Ke - I Kabupaten Sekadau bersumber dari dana hibah KONI Kabupaten Sekadau 2022 yang sementara menggunakan dana talangan dari Pengkab. Percasi Sekadau. Selain itu juga, kegiatan ini berlangsung dari Tanggal 28 - 30 Januari 2022 di Lupung Coffe Jalan Rawak, Sekadau.

Kejuaraan catur standar senior Bupati Cup ke-1 Kabupaten Sekadau tahun 2022.

Pada kesempatan, Ketua Koni Kabupaten Sekadau, A Rusmin Nuryadin mengatakan Catur merupakan cabang Olahraga yang dikategorikan sebagai cabang unggulan Kabupaten Sekadau, karena beberapa tahun lalu bidang catur memperoleh medali emas di kejuaraan Porprov.

"Kita berharap dengan adanya  kegiatan kejuaraan Bupati Cup 2022 ini, kita bisa mencari para atlet agar kedepannya kita bisa meningkatkan perolehan medali dan meningkatkan prestasi Kabupaten Sekadau," harapannya.

"Rusmin juga berterimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mendukung kegiatan ini dan  kepada para peserta yang mengikuti perlombaan diharapkan agar mengedepankan sportifitas.

Sementara, pembukaan kegiatan lomba kejuaraan Catur standar senior Bupati Cup 2022 ke-I Kabupaten Sekadau oleh Wakil Bupati Sekadau, Subandrio.

Foto: Wakil Bupati Sekadau Subandrio dan Anggota DPRD Sekadau Liri Muri. Kejuaraan catur standar senior Bupati Cup ke-1 Kabupaten Sekadau tahun 2022.

Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau sangat mendukung kejuaraan catur Bupati Cup 2022  yang dilaksanakan Percasi Sekadau.

"Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu perolehan medali emas kita ketika lomba Porprov adalah di bidang catur maka oleh sebab itu catur harus kita tingkatkan sehingga pertandingan berikutnya bukan hanya 1 dan 2 tapi seluruh medali emas dapat kita raih," ujarnya

Ia berharap agar kedepannya nanti Kabupaten Sekadau bisa menang mutlak dan bisa terus mengembangkan, merekrut pemain-pemain muda yang berbakat serta Catur ini juga bisa sebagai ajang silaturahmi.

(YK/YK)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar