-->
Pontianak Melawi Sanggau Sekadau Ketapang Bengkayang Landak Kubu Raya Kapuas Hulu Sintang Sambas
Tim Editor
Senin, Agustus 30, 2021, 10:55:00 PM WIB
Last Updated 2021-08-30T15:57:32Z
BerajatBeritaJuara Harapan 1KalbarMuseum KalbarPeristiwaPontianakSanggar Pangsuma M'PagukSekadauSekadau HilirTari KreasiTradisi

Lomba Tari Kreasi Se-Kalbar, Sanggar Pangsuma M'Paguk Raih Juara Harapan 1


Penari Sanggar Pangsuma M'Paguk Kabupaten Sekadau

BorneoTribun Sekadau, Kalbar Sanggar Pangsuma M'Paguk Sekadau berhasil meraih juara Harapan 1 dalam Lomba Tari Kreasi Se-Kalimantan Barat yang diadakan oleh Museum Kalbar pada tanggal 30 Agustus 2021.

Lomba yang diadakan secara virtual tersebut diikuti sebanyak 19 peserta lomba yang berasal dari DAD Kabupaten/Kota serta sanggar-sanggar yang ada di Kalimantan Barat.

Beranggotakan penari: Yotide Aventus Irwindi, S.Kep., Ns, Noda Nasarius, S.Pe, Monika Shella, Ergia Sindy, dan Kristina Erlin, Sanggar Pangsuma M'Paguk membawakan Tarian "Berajat".

Tarian Berajat sendiri menceritakan tentang sebuah Ritual yang ditujukan untuk meminta pertolongan ataupun kesembuhan agar terbebas dari musibah atau bencana kepada Petara (Tuhan-red) dimana ritual tersebut didasarkan pada adat dan tradisi dari Sub Suku Dayak Jawant Kabupaten Sekadau. 

Tarian yang di garap oleh Herlinus, S.Sos, dan didukung oleh Clus Make up dan Anddi Wedding sebagai make up artis ini juga memiliki pesan agar kita semua senantiasa ingat untuk berdoa kepada Tuhan serta terus melestarikan adat dan budaya di daerah kita salah satunya yaitu "Berajat".

Yotide Aventus Irwindi, S.Kep., Ns, kepada media BorneoTribun.com berharap Semoga untuk kedepannya bisa mendapatkan support lagi dari Pemerintah Daerah serta Dinas terkait maupun dari Lembaga Budaya seperti Dewan Adat Dayak agar generasi muda bisa lebih bersemangat mempromosikan Budaya melalui Tari Dayak Kreasi karena Sekadau penuh dengan potensi salah satunya Seni dan Tradisi Dayak yang sangat menarik perhatian masayarakat di luar Kabupaten Sekadau.

"Semoga dengan Raihan prestasi Sanggar Pangsuma M'Paguk dapat menjadi cambuk motivasi dukungan pemerintah daerah untuk terus melestarikan Seni budaya melalui Tari kreasi," Harap Irwindi.

Reporter : Tim Liputan
Editor      : Hermanto


iklan

Iklan

X

LOKASI MENU1

LOKASI MENU1


LOKASI MENU2

LOKASI MENU2.


LOKASI MENU3

LOKASI MENU3.


Iklan

Iklan