-->
Pontianak Melawi Sanggau Sekadau Ketapang Bengkayang Landak Kubu Raya Kapuas Hulu Sintang Sambas
Tim Editor
Rabu, Agustus 11, 2021, 3:34:00 PM WIB
Last Updated 2021-08-11T08:36:57Z
Air KeruhDaerahDampak PetiDPRD SekadauForkopimca Sekadau huluKalbarPesisir Sungai SekadauRawakSekadausosial

Dampak Aktivitas PETI, Masyarakat dan Lintas Instansi Sepakati Empat Hal


Pertemuan mediasi aspirasi warga terdampak air keruh

BorneoTribun Sekadau, Kalbar Sebagai bentuk keprihatinan atas tindak-lanjut dari aspirasi dan kedambaan masyarakat akan aliran sungai Sekadau bersih kembali, Forkopimca Sekadau hulu dan DPRD Dapil II Sekadau gelar pertemuan bersama perwakilan masyarakat di GPU Kantor Camat, Rabu (11/8/2021).

Pertemuan tersebut sebagai langkah upaya dan solusi terkait dampak aktifitas ilegal Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang di kecamatan Nanga mahap terhadap masyarakat di pesisir sungai Sekadau.

Penandatanganan kesepakatan


Berikut isi kesepakatan ;

1. Pencemaran Sungai Sekadau yang disebabkan oleh aktivitas pertambangan emas tanpa izin (PETI) segera dihentikan paling lambat tanggal 17 Agustus 2021.

2. Bupati Sekadau segera membuat himbauan secara tertulis larangan terhadap aktivitas PETI yang menyebabkan pencematan Sungai Sekadau.

3. Aparat penegak hukum untuk melakukan penegakan hukum baik secara Prepentif dan Represif terhadap para oknum PETI tanpa pandang bulu.

4. Mendesak instansi terkait untuk segera melaksanakan rapat koordinasi secara menyeluruh melibatkan seluruh elemen masyarakat yang terdampak paling lambat sebelum 17 Agustus 2021.

Surat pernyataan hasil rapat tersebut ditandatangani oleh 11 perwakilan masyarakat yang hadir meliputi, anggota DPRD Kabupaten Sekadau Daerah Pemilihan Sekadau II yakni, Paulus Subarno, Yosef Sumardi, Muslimin, Muhamad Jais, dan Herianto. 

Sementara untuk perwakilan masyarakat ditandatangani oleh Budi, Aho Susilo, Alimudin, dan Ameru serta Ketua Dewan Adat Dayak (DAD), Paulinus Stay dan Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT), Jhoni. Pertemuan ini juga mendapat pengawalan dari aparat kepolisian dari polres Sekadau.

Reporter : Mus
Editor      : Hermanto

iklan

Iklan

X

LOKASI MENU1

LOKASI MENU1


LOKASI MENU2

LOKASI MENU2.


LOKASI MENU3

LOKASI MENU3.


Iklan

Iklan